Tips Lolos Seleksi Pramugara Di Maskapai Penerbangan

Tips Lolos Seleksi Pramugara – Apakah kamu satu diantara jutaan orang yang berkeinginan untuk menjadi pramugara? Sebenarnya, untuk menjadi pramugara tidaklah terlalu sulit seperti melamar pekerjaan menjadi dokter atau pilot. Hal paling penting untuk bisa lolos menjadi pramugara adalah dengan mengetahui caranya. Dengan mengetahui caranya, maka segala hal akan menjadi mudah.

Cara Menjadi Pramugara

Tips Lolos Seleksi Pramugara
Tips Lolos Seleksi Pramugara

Untuk menjadi seorang pramugara. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan berbagai persyaratan. Persyaratan dari setiap maskapai penerbangan berbeda-beda. Karena mereka memiliki kebijakan dan kualifikasinya masing-masing. Untuk itu, sebelum lanjut maka silahkan tentukan kamu akan bergabung ke maskapai mana.

Setelah kamu memutuskan bergabung di maskapai mana. Selanjutnya silahkan cari informasi pendaftaran yang paling tepat. Informasi yang akurat bisa kamu temukan di website resmi maskapai tersebut atau media sosial miliknya. Jika informasi pendaftaran sudah kamu dapatkan, langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat Menjadi Pramugara

Berikut ini adalah syarat umum untuk menjadi pramugara. Syarat pertama adalah tinggi badan. Tinggi badan untuk menjadi pramugari minimal adalah 160 cm. Namun, untuk pramugara tidak seperti pramugari. Syarat menjadi pramugara adalah tinggi badan minimal 170 cm. Selain tinggi badan. Kamu juga harus memiliki berat badan yang ideal. Bagaimanakah cara mengetahui berapa berat badan ideal kamu? caranya cukup mudah. Yaitu menggunakan rumus BMI atau Body Mass Index. Namun, yang paling sederhana adalah mengurangi tinggi badan kamu dengan 110. Maka hasilnya itu adalah berat badan kamu ideal.

Syarat menjadi pramugara selanjutnya adalah pendidikan minimal SMA/SMK sederajat. Tidak menutup kemungkinan jika kamu adalah lulusan D3 atau S1. Karena jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan diutamakan. Tapi perlu diketahui juga bahwa usia masih memenuhi. Karena syarat usia untuk menjadi pramugara adalah antara 18 sampai 23 tahun. Apabila lulus kuliah usia kamu masih dalam rentang tersebut berarti masih bisa.

Kemudian adalah sehat jasmani dan rohani, tidak boleh menggunakan kacamata, belum pernah menikah, bisa berbahasa inggris, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Bagaimana jika memiliki mata minus? kan tidak diperbolehkan menggunakan kacamata. Untuk mata minus di beberapa maskapai masih dapat ditoleransi. Diperbolehkan menggunaan lensa kontak namun dengan batasan maksimal minus 3.

Berkas-berkas yang harus disiapkan adalah KTP, Ijazah SMA/SMK, Pas Foto, Foto Full Badan, SKCK, dan lain-lain.

Cara Mendaftar Pramugara

Setelah memenuhi berbagai persyartan tersebut. Baik syarat umum, syarat fisik, maupun syarat administrasi. Lnagkah selanjutnya adalah mendaftar pramugara atau mengikuti perekrutan.

Informasi perekrutan bisa kamu temukan di website maskapai penerbangan atau diumumkan melalui sosial media resminya. Jika sudah kamu dapatkan informasi perekruta, maka silahkan untuk mendaftarkan diri. Pahami langkah-langkah yang disampaikan. Karena, kadang cara pendaftaranya melalui CV yang dikirim ke email terlebih dahulu, tetapi ada juga yang langsung ke walk-in interview.

Tahapan Tes Seleksi Pramugara

Setelah kamu melakukan pendaftaran baik melalui online maupun datang di walk in interview dan mendapatkan keputusan untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Maka berikut inilah tahapan yang harus kamu lalui.

1. Tes Penampilan Pramugara

Tes ini merupakan tahap awal untuk menjadi pramugara. Seperti seorang pramugari, yang diutamakan dari pramugara adalah penampilanya.

Meskipun pepatah mengatakan “jangan melihat sesuatu hanya dari luarnya saja” tetapi tidak berlaku untuk hal ini. Meskipun kamu memiliki pengetahuan yang luas, tetapi tidak memiliki penampilan yang menarik kamu tidak akan bisa menjadi pramugara.

Pada tes ini meliputi tentang pengukuran tinggi dan berat badan, gaya rambut, cara berjalan, cara berpakaian, make up, cara duduk, dan lain sebagainya.

2. Psikotes

Setelah dinyatakan lulus pada tes penampilan. Tes selanjutnya adalah psikotes. Tes ini tidak jauh berbeda dengan tes seleksi pramugara pada umumnya. Tes ini biasanya meliputi tes kepribadian, tes kemampuan atau bakat, dan ada juga tes bahasa inggris. Bahkan tak jarang kamu akan diminta untuk menggambar pada tes ini.

3. Tes Wawancara User

Tes Interview Pramugara ini membahas tentang diri anda sendiri. Hal yang akan ditanyakan bisa seputar masalah pribadi. Jadi kamu tidak perlu belajar menghafal pada tes ini. Kampu hanya perlu mempersiapkan diri dengan sebaik baiknya.

4. Tes Wawancara Kompetensi

Pada tes wawancara yang selanjutnya adalah wawancara kompetensi. Wawancara ini akan ditanya tentang pengetahuan yang kamu miliki. Baik tentang dunia aviasi maupun tentang maskapai penerbangan yang kamu lamar. Bisa tentang sejarahnya atau semacamnya.

5. Tes Kesehatan

Tes yang tidak kalah pentingnya adalah tes kesehatan atau medical examination untuk pramugara. Apa sajakah kesehatan yang di tes? kesehatan yang di tes meliputi jantung, mata, darah, urine, paru-paru, gigi, pendengaran, tulang, dan yang lainya.

6. Tes Keamanan

Tes aspek keamanan biasa disebut juga dengan background check adalah tes untuk pemeriksaan tentang kewarganegaraan. Selain itu juga pengecekan terhadap berkas berkas seperti KTP, Ijazah, SKCK, dan lain-lain.

7. Tes Pantukhir

Tes pantukhir adalah tahapan akhir dari seleksi pramugara. Pada tahap ini, kamu akan dihadapkan langsung dengan jajaran direksi dari maskapai penerbangan. Inilah yang menentukan apakah kamu diterima menjadi pramugara atau tidak.

Dari ke tujuh tahapan tes tersebut bertujuan untuk mengukur kualitas dari calon pramugara. Fungsinya adalah untuk mendapatkan pramugara terbaik yang sesuai dengan kriteria dari perusahaan. Berbagai tahapan tersebut tentunya tidak dapat kamu anggap remeh. Banyak kandidat pramugari yang gagal di setiap tes tersebut. Untuk itulah kamu harus membaca tips berikut ini.

Tips Lolos Seleksi Pramugara

Setelah mengetahu berbagai tahapan seleksi pramugara. Sekarang pertanyaanya adalah bagaimana cara mudah lolos seleksi pramugara? adakah yang tau? oke berikut ini adalah tipsnya

Agar lolos seleksi pramugara, kamu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bagaimana cara mempersiapkanya? cara terbaiknya adalah dengan melakukan latihan.

Pahami setiap tahapan tes seleksi pramugara dengan baik. cari tahu apa yang sekiranya menjadi kendala dan akan membuat kamu gagal dalam tes tersebut. Contohnya bagaimana? jadi gini, kan syarat untuk menjadi pramugara tinggi minal 170 cm. Sedangkan tinggi kamu masih 168 cm. Nah dengan begitu maka kamu tentu akan gagal dalam tes pramugara. Cara yang dapat kamu lakukan adalah mempersiapkanya dengan menambah tinggi badan terlebih dahulu.

Contoh lain adalah misalnya kamu tidak yakin bisa lolos pada tahap interview karena kamu kurang paham dengan bahasa inggris. Maka yang harus kamu lakukan adalah belajar bahasa inggris dengan baik. Begitu juga dengan tahapan tes yang lain. Misalkan kamu kurang percaya diri untuk menghadapi tes interview. Kamu bisa berlatih dengan mengumpulkan contoh pertanyaan interview sebanyak mungkin lalu menjawabnya sendiri di depan cermin.

Persiapan Tes Seleksi Pramugara

Persiapan terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mengikuti tes seleksi pramugara adalah dengan bergabung ke sekolah penerbangan. Meskipun terdapat berbagai sekolah pramugara yang tersebar di seluruh indonesia. Tetapi, sekolah yang sangat direkomendasikan adalah FAAST Penerbangan.

Berikut ini saya sertakan profil singkat tentang FAAST Penerbangan.

FAAST Penerbangan

FAAST Penerbangan adalah lembaga pendidikan untuk pramugari, pramugara, dan staff airlines terbaik di Indonesia. FAAST Penerbangan siap menjawab tantangan terkait dengan perkembangan transportasi udara di Indonesia.

Baca Juga : Syarat Sekolah pramugara FAAST Penerbangan

Itulah informasi tentang tips lolos seleksi pramugara yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Untuk mendapatkan informasi terbaru tentang FAAST Penerbangan silahkan hubungi Kak Hida di 0899-5345-099 atau klik dibawah ini untuk terhubung ke WhatsAPp

Sending
User Review
4.5 (2 votes)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!